Pendahuluan

Bahasa Inggris, bahasa Indonesia dan bahasa Arab memiliki rumpun yang berbeda. Sehingga tidaklah mengherankan kalau penyajian mata ajar bahasa Arab akan berbeda dengan penyajian mata ajar bahasa Inggris ataupun bahasa Indonesia. Walaupun demikian tentu ada kesamaan topic bahasan antara yang ada pada bahasa Arab dengan topic bahasan yang ada pada bahasa Inggris atau bahasa Indonesia.
Banyak topik bahasan yang ada dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia tidak dikenal pada topik bahasan dalam bahasa Arab. Hal ini karena topik bahasan yang ada dalam tatabahasa Inggris atau bahasa Indonesia tersebut memang tidak ada atau tidak dikenal pada topik bahasan dalam bahasa Arab, begitu pula sebaliknya.
Sebagai contoh penggunaan kata modal axuliaries (am,is,are) yang dikenal dalam bahasa Inggris, dalam bahasa Arab modal axuliaris seperti ini tidak dikenal sama sekali. Contoh lain mengenai masalah penempatan kata ganti orang, dalam bahasa Inggris his book, akan ditulis dalam bahasa Arab كِتَابَهُ sehingga nampak perbedaannya antara penulisan yang ada pada bahasa Inggris dengan bahasa Arab untuk masalah penulisan dan penempatan kata ganti orang, yaitu pada bahasa Inggris kata ganti orang dipisahkan dengan kata benda yang diterangkan, sedangkan dalam bahasa Arab kedua kata tersebut digabung menjadi satu (untuk kasus ini penulisan pada bahasa Arab sama dengan penulisan pada bahasa Indonesia yaitu dalam bahasa Indonesia ditulis bukunya). Selain itu, kata ganti orang dalam bahasa Inggris ditaruh diawal sebelum kata bendanya, sedangkan dalam bahasa arab ditulis setelah kata bendanya. Sekali lagi untuk kasus terakhir ini, tata cara penulisan dalam bahasa Arab sama dengan tata cara penulisan dalam bahasa Indonesia. Catatan : kata ganti kepemilikan dalam kasus ini dalam bahasa inggris adalah his, dan sedangkan dalam bahasa Arab adalah hu ( هُ ).
Kemudian dalam bahasa Arab hubungan antar jenis kata satu dengan jenis kata lainnya, yang tergolong dalam satu kelompok rentetan hubungan aktivitas, sangat kental sekali diikat dengan menggunakan satu akar kata. Berikut ini contohnya:
Kitabun = kitab / buku
Kaatibun = penulis buku (pengarang)
Kataba = menulis
MaKtabun = kantor
MuKatabah = penerbit
Katbun = penulisan

Kata tersebut menggunakan akar kata yang sama yaitu terdiri dari huruf k t b (كتب).
Sedangkan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, antara buku (book), penulis (author), penerbit (publisher), kantor (office), perpustakaan (library) tidak jelas terikat dalam satu akar kata yang sama. yaitu tulis menulis.

Uraian seperti ini sekedar untuk memberikan ulasan bahwa topik kajian tatabasa arab ini tidak sama dengan topik kajian dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia. Oleh karena itu, untuk mempelajari tata bahasa Arab, pola pikir otak kita harus dipersiapkan untuk menerima penyajian tata bahasa Arab yang unik. Walaupun demikian kesamaan topik bahasan yang ada dalam tata bahasa Arabpun, tentu ada yang sama dengan topik bahasan yang ada dalam topik bahasan dalam tata bahasa Inggris atau bahasa Indonesia.
Kemudian buku ini diberi judul Kamus Al-Quran, karena buku ini hanya membahas kata-kata bahasa Arab yang dipakai pada AlQuran saja. Adapun pembahasan tentang tata bahasa Arab yang disuguhkan dalam buku ini merupakan bahasan pelengkapnya. Karena tanpa membahas tata bahasa Arab akan sulit menggunakan dan memahami kamus bahasa Arab.
Adapun tata bahasa Arab yang dimaksudkan disini sebenarnya adalah tata bahasa AlQuran. Karena sebagaimana kondisi saat sekarang ini yang terjadi dalam bahasa Arab, bahwa tata bahasa resmi bahasa Arab adalah tata bahasa yang dipakai pada AlQuran.
Akhirnya penulis berharap semoga buku yang sederhana ini dapat bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: