Memahami simbul-simbul komunikasi

Jika manusia ingin berkomunikasi dengan manusia lain, atau suatu bangsa ingin berkomunikasi dengan bangsa lain, atau suatu kelompok orang ingin berkomunikasi dengan kelompok lain, atau suatu kelompok sosial ingin berkomunikasi dengan kelompok sosial yang lain, maka yang paling penting untuk diperhatikan adalah mereka harus saling mengetahui kode-kode atau simbul-simbul yang digunakan pada kelompok-kelompok tersebut.

Jika simbul-simbul tersebut gagal untuk difahami, maka yang akan terjadi adalah kegagalan dalam komunikasi. Kegagalan dalam komunikasi artinya kegagalan dalam mencapai kesepakatan atau kegagalan dalam melakukan saling pengertian, kegagalan dalam pergaulan, dan kegagalan dalam bersosialisasi dan bermasyaratakat. Untuk kegagalan sosialisasi seperti ini dapat menyebabkan hancurnya kehidupan, dan dapat menyebabkan frustasi atau menyebabkan stress.

Simbul-simbul komunikasi tersebut dapat berbentuk suara, tulisan, kebiasaan atau bahkan suatu konsep hidup yang sedang dipegang, serta yang lebih penting lagi adalah sifat dasar manusia. Setiap manusia memiliki sifat dasar yang diberikan oleh Tuhan, sifat dasar inilah yang harus juga difahami dan dimengerti, sebelum dilakukan proses komunikasi yang ingin dilakukan secara efisien dan efektif.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: