Mengatasi Perbuatan Sia-sia

Kebanyakan manusia tidak memperhatikan dengan teliti, apa yang telah dan sedang diperbuat dan dilakukannya. Apa yang diperbuat manusia sering sekali merupakan perbuatan yang sangat sia-sia, tetapi manusia yang sedang melakukannya sering sekali, atau bahkan selalu, tidak menyadarinya. Alangkah ruginya manusia yang melakukan perbuatan sia-sia. Bahkan terkadang bukan lagi merupakan perbuatan yang sia-sia, tetapi sudah menjurus kepada perbuatan yang sudah merugikan diri manusia yang melakukannya.

Kita sebagai manusia yang telah diberikan pelajaran dan peringatan  yang berupa AlQuran harus selalu berhati-hati terhadap aktivitas perbuatan yang kita lakukan. Apakah perbuatan dan aktivitas yang kita lakukan sudah merupakan perbuatan baik, ichlas dan mulia. Dan, apakah perbuatan yang kita lakukan sudah sesuai dengan standard kehidupan yang berupa AlQuran dan sesui dengan yang dicontohkan nabi Muhammad yang berupa AsSunnah. Atau sebaliknya apakah perbuatan yang kita lakukan merupakan perbuatan yang sia-sia, atau bahkan sudah masuk dalam katagori perbuatan yang merusak dan merugikan diri sendiri. Kita harus selalu sadar dan selalu mengkoreksi perbuatan kita agar perbuatan yang kita lakukan merupakan perbuatan yang masuk dalam katagori perbuatan baik, ichlas dan mulia.

Jika kita sedang tidak berada dalam aktivitas terbaik yang harus kita lakuan atau kita sedang menunggu, maka aktivitas yang terbaik adalah melamunkan Allah, maksudnya adalah dzikir kepada Allah. Aktivitas pilihan lainnya adalah bertaubat kepada Allah sambil diikuti memohon ampunan dari Allah.Melamunkan Allah atau bertaubat sambil meminta ampun kepada Allah dapat kita lakukan dikala kita sedang di pasar, mengendari mobil, menunggu atau dikala kita sedang dalam berada pada aktivitas2 lain, seperti rapat dsb.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: