Merasa Telah Cukup Baik dan Benar

Beberapa kali saya mendengar beberapa orang yang merasa telah berbuat dengan betul dan benar. Perasaan telah melakukan sesuatu dengan sempurna itu, hanyalah perbuatan yang hanya menutupi kekurangan amalan serta akan menyebabkan malesnya dalam beramal serta membunuh itikad untuk berbuat yang lebih baik lagi.. Perasaan telah cukup dalam berbuat betul, baik dan benar, seperti ini, harus selalu kita hidari.

Nabi Muhammad yang telah dipercaya oleh Allah untuk mengemban tugas berat dan telah dinyatakan oleh Allah di AlQuran sebagai contoh teladan bagi manusia, masih saja selalu berusaha untuk berbuat yang terbaik. Nabi Muhammad tidak pernah merasa sombong dan tidak merasa bahwa amalannya telah cukup dan telah sempurna. Kegigihan Nabi Muhammad dalam beramal perlu dicontoh, yang menandakan bahwa Nabi Muhammad dalam beramal masih ingin selalu menuju ke puncak amalan optimum. Dan Nabi Muhammad memang kelihatan sekali haus untuk beramal sholeh. Nabi Muhammad merupakan orang yang selalu ingin dekat kepada Allah, ingin selalu berbuat yang terbaik kepada Allah, dengan melupakan jumlah dan besarnya amalan yang telah dilakukannya.

Kita sebagai manusia harus selalu menyadari, bahwa kebenaran itu hanyalah Allah lah yang dapat melakukannya. Manusia hanya bisa melakukan sesuai kesanggupan untuk melakukan yang terbaik, walaupun sebenarnya kalau dikaji betul masih banyak kekurangan disana sini. Dan hanya rahmat Allah yang besarlah, Allah mau menerima amal sholeh kita yang masing sangat sedikit sebagai amal sholeh yang cukup untuk bekal menghadapi pengadilan akherat. Dan Nabi Muhammad harus dijadikan contoh, walaupun menurut saya banyak orang akan merasa keberatan dan kesulitan dan keengganan mencontoh Nabi Muhammad. Dan hanya rahmat Allah yang besar saja, kita dapat selalu ingin berusaha dan selalu melakukan untuk beramal secara optimum dan sempurna, dengan tidak ada kesombongan dan perasaan telah cukup dan sempurna. Dan sekali lagi kesempurnaan itu adalah milik Allah, dan hanya Allah lah yang pasti betul.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: