Memulai Membangun Database

Untuk membuat desain database yang baik, maka anda harus membangun dan mengembangkan database secara pelan-pelan. Jangan sampai anda terlampau serakah untuk membungun ruangan, sementara ruangan yang anda bangun tersebut sebenarnya bukan merupakan ruangan yang anda perlukan. Jika kondisinya demikian, bisa jadi anda malah takut dalam menggunakan database tersebut, karena banyak ruangan-ruangan angker yang kosong. Ruang kosong dalam database ibarat tempat angker yang akan membuat penghuninya ketakutan dalam menggunakan database tersebut.
Membangun suatu sistem database dapat diibaratkan dengan membangun suatu komplek perumahan. Atau mungkin yang lebih kecil lagi adalah membangun suatu rumah. Dalam membangun suatu rumah yang terutama harus dipikirkan adalah kekuatan dari ruangan dan yang kedua adalah fungis dari masing-masing ruangan yang digunakan untuk rumah tersebut.
Jika membangun database diikut dengan mengibaratkan membangun rumah, maka database yang akan dibangun atau dibuat tersebut akan relatif jauh lebih mudah dalam memikirkannya serta membuatnya. Adapun jika suatu database dibuat dengan tanpa ada sistem yang dirunut, hanya sekedar buat sana-sini dengan tanpa memperhatikan desain kekuatan dan fungsinya, maka bisa diibaratkan database tersebut dapat dijamin akan menjadi sistem yang justru akan tidak bermanfaat.
Jika suatu database akan dibuat pertanyaan yang muncul pertama kali adalah kira-kira ada berapa kamar yang akan dibuat?, kemudian masing-masing kamar apa saja fungsinya masing-masing. Tentu setiap sistem database satu dengan sistem database ditempat lain akan berbeda-beda. Tidak ada sistem database yang terbaik, karena sistem database yang cocok dipakai pada suatu tempat belum tentu cocok untuk dipakai pada tempat lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: