Harus mampu melihat persoalan yang rumit menjadi persoalan sederhana

Kemampuan seseorang tentu berbeda-beda dalam menghadapi permasalahan yang ada di dunia ini. Orang akan beruntung sekali dalam hidupnya jika mampu melihat persoalan yang rumit menjadi persoalan yang sederhana. Untuk merubah pandangan persoalan yang rumit menjadi sederhana ini tidaklah mudah. Diperlukan alat, cara dan strategi untuk merubah persoalan yang rumit menjadi persoalan yang sederhana.

Setiap manusia harus bekerja keras untuk selalu belajar agar mampu untuk melihat persoalan yang rumit menjadi persoalan yang sederhana. Dan manusia harus pula punya strategi dan cara tersendiri dalam merubah persoalan yang rumit menjadi sederhana. Salah satu caranya adalah dengan melihat persoalan dalam suatu objek-objek kelompok, dan tidak melihat persoalan dalam kaca mata detail dan rinci. Jika manusia semakin detail dalam melihat dunia, maka dunianya akan semakin sempit, dan persoalan yang diselesaikannyapun juga semakin kecil dan sempit.

Untuk persolan-persolan yang sudah terlampu detail harus diserahkan kepada orang yang telah berpengalaman dalam bidang itu. Jangan sampai kita ikut-ikutan terlibat dalam persoalan yang detail seperti itu, kecuali jika pekerjaan sehari-hari kita dan lingkungan kita memang harus melihatkan hal tersebut.

Sebagai manusia beragama, pekerjaan detail kita yang harus kita geluti adalah mendekatkan diri, mengabdi, dan mentaati perintah dari Pencipta Alam Semesta. Dalam pendekatan diri, pengabdian dan ketataatan kepada Pencipta Alam ini, kita sebagai manusia yang beragama dan taqwa harus benar-benar detail dan ahli. Adapun untuk bidang-bidang lainnya, kita mestinya tinggal memanfaatkan saja, dan tidak usah terlibat secara lebih jauh, kecuali jika semakin dekat kepada Pencipta Alam Semesta.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: