Istiqomah (اسْتَقَامَُةِ )

Istiqawmah (اسْتَقَامَُةِ )
Melakukan perbuatan baik secara kontinue untuk mendapatkan posisi yang terbaik dimata pencipta alam semesta merupakan bentuk dari melakukan istiqawmah. Istilah istiqawmah ini berasalah dari qawama (ق و م ) yang berarti mendirikan berubah menjadi kata benda abstrak qawmah yang memberi arti bebas pendirian atau kaum.
Pada kata istiqawmah ini ada imbuan isti (اسْت ) yang memberikan makna permohonan, pencarian, penekunan atau pembelajaran. Sehingga istiqawmah memiliki arti pencarian, permohoaan, penekunan atau pembelajaran terhadap pendirian. Begitulah kurang-lebih makna dari istiqawmah yang dapat saya fahami dilihat dari kaca mata bahasa arab.
Dan setiap manusia, sebagai orang islam, dituntut agar selalu istiqawmah dalam menjalani kehidupan ini agar manusia memperoleh kemuliaan disisi Pecipta, Pemelihara dan Penguasa seluaruh Alam Semesta ini.
Demikianlah yang bisa saya fahami tentang istiqawmah (اسْتَقَامَُةِ ) Dan yang bisa saya telusuri hingga pada hari ini kata isqawmah ini tidak terdapat dalam AlQuran.
Semoga kita-kita semua dimuliakan oleh Allah di dunia dan di akherat kelak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: