Anti kemapanan (menurut saya) dalam Islam

Mapan artinya established atau sudah dalam posisi mantab, posisi yang tidak perlu ada perubahan. Barangkali seperti itu kurang lebihnya makna dari mapan atau kemapanan. Tapi bagaimana dengan Islam, apakah islam setuju dengan kemapanan. Sepengetahuan saya justru islam adalah agama yang tidak setuju kalau manusia itu hidup sudah merasa dalam kemapanan. Islam selalu mengajarkan umatnya agar selalu berusaha untuk menjadi yang lebih baik, hari ini lebih baik dari hari kemarin, hari esok harus lebih baik dari hari ini dan seterusnya. Hal ini memberikan makna bahwa tidak ada istilah mapan (merasa cukup) dalam Islam, semuanya bergerak dan berubah menuju yang lebih baik.
Setiap manusia harus selalu berusaha setiap saat setiap waktu untuk menuju puncak yang terbaik. Itulah saran pencipta Alam kepada hambaNYA yang dijuluki dengan istilah manusia.
Kita sebagai manusia, janganlah merasa cukup dan senang dengan kondisi yang ada. Raihlah yang lebih baik sekiranya masih ada, dan tentu selalu ada yang lebih baik dari yang apa kita peroleh sekarang. Tetapi manusia harus selalu berhati-hati dalam meraih atau berusaha melakukan yang lebih baik, karena kalau tidak hati-hati dapat mengakibatkan terpeleset atau salah langkah, yang akhirnya bukan kebaikan yang didapatkan melainkan malah kerugian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: