Menggerakkan stepper motor dengan Easy Driver

Banyak pengguna arduinio membeeli Easy Driver  atau BigEasy Drivers untuk menggerakkan stepper motor. Walau beberapa orang tidak mamu menggunakan Easy Driver atau BigEasy Driver untuk membantu menggerakkan stepper motor. Terlepas dari banyak orang yang mau atau tidak mamu menggunakan Easy Driver atau Big EasyDirver, bersama ini kami contohkan beberapa hal-hal yang mudahj dan menarik berkaitan dengan penggunaan easy driver untuk digunakan sebagai penggerak motor stepper.

Semua yang dicontohkan disini dapat digunakan pada berbagai versi arduino. Kami berkeinginan untuk mempresentasikan pengujian lab untuk memanfaatkan Easy Dricer dan Big EasyDriver untuk digunakan pada berbagai varsi arduini. Untuk kali ini kami contojkan pemaikannya pada arduino

Untuk easyDriver bentuknya dan nama-nama pin-pin nya sebagai mana pada gambar dibawah ini

 

Ada beberpa pin, yaitu pin tegangan input sebagaimana yang besarnya dapat 3 atau 5 volt yang terletak dibawah sisi kiri. Sedangkan untuk tegangan 12 volt hingga 36 Volt ada pada sisi kanan atas. Masing-masing diiikan dengan tengan negatif atau GND dan tegangan positifnya. Pin lain yaitu pin untuk dihubungkan ke motor stepper yaitu pin yang memiliki tulisan motor. Pin ini ada pada bagian kiri atas dari easy Driver. Pin ynag ada pada sisi kanan bawah merupakn pin yang digunakan untuk pengaturan. Pengaturan ini dapat dilakukan dengan menggunakan arduino uno. PIN DIR merupakan pin yang menunjukkan arah putaran dari motor stepper. Jika pin DIR ini diisi dengan tegangan HIGH maka, jika motor stepper dijalan akan menggerakan motor stepper untuk bergerak searah dengan jarum jam, Adapun juka pin DIR ini diisi dengan tegangan LOW, maka jika motor stepper dijalankan akan memutur potor stepper searah jarum jam.

Sedangkan Pin STEP yang digunakan untuk menentukan  langkahnya.

Berikut ini merupakan contoh  program untuk menggerakkan motor stepper

void setup() {               
  pinMode(8, OUTPUT);
  pinMode(9, OUTPUT);
  digitalWrite(8, LOW);
  digitalWrite(9, LOW);
}

void loop() {
  digitalWrite(9, HIGH);
  delay(1);         
  digitalWrite(9, LOW);
  delay(1);         
}

 

Dimana pin Dir dihubgungkan ke pin 8 arduino, dan pin Step dihubungkan dengan pin 9 pada arduino.

Kemudian dapat dicoba dengan menginputkan pin 8 dengan HIGH, lihat apa yang terjadi

 

Selamat mencoba menjalankan motor stepper dengn cara yang mudah.

Iklan
%d blogger menyukai ini: